RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan :SD
/ MI
Mata
Pelajaran :Matematika
Kelas
/ Semester : VI / II
AlokasiWaktu : 2 x 35 Menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
B.
KOMPETENSI DASAR
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
C.
INDIKATOR
1.
Kognitif
Proses :
Menentukan nilai satuan pecahan
Produk : Mengurutkan pecahan biasa dari terkecil ke terbesar
Mengurutkan pecahan biasa dari terbesar ke terkecil
2.
Afektif
Karakter : Menumbuhkan sikap kerjasama ,menghargai pendapat
oranglain dan santun dalam mengemukakan pendapat
Social :
Membantu teman yang mengalami kesulitan
3.
Psikomotor : Terampil menggunakan kartu – kartu bilangan.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Proses : Setelah mengikuti proses
pembelajaran ,siswa dapat menentukan nilai suatu pecahan
Produk : Setelah mengikuti proses
pembelajaran ,siswadapat
-
Mengurutkan pecahan biasa dari terkecil ke terbesar
-
Mengurutkan pecahanbiasa dari terbesar ke terkecil
2.
Afektif
Selama proses
pembelajaran ,siswa dapat menumbuhkan sikap kerjasama, menghargai pendapat orang
lain dan santun dalam mengemukakan pendapat.
Social
Siswa dapat membantu temannya
yang mengalami kesulitan
3.
Psikomotor
Setelahmengikuti proses
pembelajaran ,siswa dapat terampil menggunakan kartu – kartu bilangan.
E.
MATERI AJAR
-Pecahanbiasa
F.
METODE PEMBELAJARAN
-Tanya jawab
-Ceramah
-Diskusi
G.
MODEL PEMBELAJARAN
-Kooperatiftipe
STAD
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
PENGORGANISASIAN
|
KETERLAKSANAAN
|
|||||
Waktu
|
Siswa
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
A.
B.
C.
|
KegiatanAwal
-
Mengecekkehadiransiswadanberdoabersama.
- Memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanpelajaran
yang lalu.
-
Menyampaikantujuanpembelajaran yang ingin di capai.
KegiatanInti
-
Menuliskanpokok – pokokmateri yang akan di pelajari.
-
Guru menyajikanmateri
-
Siswa di bagidalambeberapakelompok
-
Guru membimbingsiswa agar bekerjasamadalammenyelesaikansoal – soal yang di
berikan
-
Guru membagikan LKS danmenjelaskancarapenyelesaiannya
-
Guru memantaukegiatan / aktifitasmasing – masingkelompok
-
Setiapkelompokmempresentasikanhasildiskusinya
-
Memberikanpenilaiandanpenghargaan
-
Menyimpulkanmateri yang telah di pelajari
-
Untukpemantapan , siswa di beritugaslanjutan (PR)
KegiatanAkhir
-
Menyampaikanpesan – pesan moral.
|
10
3
5
2
55
3
10
2
3
15
2
10
2
5
3
5
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
|
I.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
-Kartu–
KartuBilangan
-Pelajaran Matematika KelasVI
.Erlangga,Sayuti, M.Khafid
J.
PENILAIAN
Teknik :Tetulisdanunjuk rasa
Bentuk :Essay danpengamatan
Makassar,
Guru
Kelas
(
............. )
0 komentar:
Posting Komentar