Senin, 11 Februari 2013

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Matematika SD Kelas 6 Semester 2

18.44


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                SatuanPendidikan       :SD / MI
                                                Mata Pelajaran            :Matematika
                                               Kelas / Semester          : VI / II
                                               AlokasiWaktu : 2 x 35 Menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

C.    INDIKATOR
1.      Kognitif
Proses                    : Menentukan nilai satuan pecahan
Produk                  : Mengurutkan pecahan biasa dari terkecil ke terbesar
                               Mengurutkan pecahan biasa dari terbesar ke terkecil
2.      Afektif
Karakter                : Menumbuhkan sikap kerjasama ,menghargai pendapat oranglain dan santun dalam mengemukakan pendapat
Social                    : Membantu teman yang mengalami kesulitan
3.      Psikomotor                 : Terampil menggunakan kartu – kartu bilangan.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kognitif
Proses                    : Setelah mengikuti proses pembelajaran ,siswa dapat menentukan nilai suatu   pecahan
Produk                  : Setelah mengikuti proses pembelajaran ,siswadapat
-          Mengurutkan pecahan biasa dari terkecil ke terbesar
-          Mengurutkan pecahanbiasa dari terbesar ke terkecil

2.      Afektif                 
Selama proses pembelajaran ,siswa dapat menumbuhkan sikap kerjasama, menghargai pendapat orang lain dan santun dalam mengemukakan pendapat.

Social
Siswa dapat membantu temannya yang mengalami kesulitan

3.      Psikomotor
Setelahmengikuti proses pembelajaran ,siswa dapat terampil menggunakan kartu – kartu bilangan.

E.     MATERI AJAR
-Pecahanbiasa

F.     METODE PEMBELAJARAN
-Tanya jawab
-Ceramah
-Diskusi

G.    MODEL PEMBELAJARAN

-Kooperatiftipe STAD





H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.

TAHAPAN KEGIATAN

PENGORGANISASIAN

KETERLAKSANAAN

Waktu

Siswa

5

4

3

2

1
A.








B.



























C.
KegiatanAwal


- Mengecekkehadiransiswadanberdoabersama.
-  Memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanpelajaran yang lalu.
- Menyampaikantujuanpembelajaran yang ingin di capai.
KegiatanInti
- Menuliskanpokok – pokokmateri yang akan di pelajari.
- Guru menyajikanmateri
- Siswa di bagidalambeberapakelompok
- Guru membimbingsiswa agar bekerjasamadalammenyelesaikansoal – soal yang di berikan
- Guru membagikan LKS danmenjelaskancarapenyelesaiannya
- Guru memantaukegiatan / aktifitasmasing – masingkelompok
- Setiapkelompokmempresentasikanhasildiskusinya
- Memberikanpenilaiandanpenghargaan
- Menyimpulkanmateri yang telah di pelajari
- Untukpemantapan , siswa di beritugaslanjutan (PR)
KegiatanAkhir
- Menyampaikanpesan – pesan moral.
10

3


5


2

55

3


10

2


3



15


2


10


2


5


3




5



Klasikal



Klasikal


Klasikal




Klasikal



Klasikal





Klasikal



Kelompok






Kelompok


Kelompok


Kelompok


Klasikal



Klasikal






I.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
-Kartu– KartuBilangan
-Pelajaran Matematika KelasVI .Erlangga,Sayuti, M.Khafid


J.      PENILAIAN
Teknik       :Tetulisdanunjuk rasa
Bentuk      :Essay danpengamatan


                                                                                                                  Makassar,
                                                                                                                  Guru Kelas




                                                                                                                        ( ............. )






Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Kumpulan Makalah dan Artikel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top